$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

Mengapa Sampah Harus Dikelola

SHARE:

Sampah  adalah material sisa suatu aktivitas yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan menurut derajat ke...

Sampah adalah material sisa suatu aktivitas yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan menurut derajat keterpakaian dan kegunaannya. Makin majunya ilmu pengetahuan akan makin banyak material ditemukan kemanfaatannya bagi manusia, dan dengan itu akan makin sedikit material sisa yang dikatagorikan sampah. Sampah organik bisa digunakan pada pembuatan pupuk organik, berguna bagi pemberian zat hara tanaman. Sementara sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi barang bernilai ekonomi baru.






8 DES 2006





Mengelola Sampah Di Sumbernya, Rumah Tangga



Mengapa Sampah Harus Dikelola ?



Setiap hari manusia menghasilkan sampah, baik berupa material sisa aktifitas buangan di rumah tangga, lingkungan fasilitas umum seperti alun-alun dan pasar maupun sampah industri. Material sisa yang dianggap tidak memiliki kegunaan, bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Sampah jika tidak diurus dan dikelola dengan baik dapat menyebabkan masalah lingkungan, yang sangat merugikan. Sampah, yang menumpuk dan membusuk didekat tempat hidup manusia dapat menjadi sarang kuman dan binatang, selanjutnya dapat mengganggu kesehatan manusia baik badan maupun jiwa, serta mengganggu estetika lingkungan karena terkontaminasi pemandangan tumpukan sampah dan bau busuk yang menyengat hidung. Belum lagi akibat sampah menyumbat drainase di kota bisa sebabkan banjir, khususnya di musim dengan intensitas hujan yang tinggi.




Bagaimana Mengelola Sampah ?
Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diperhatikan dalam mengelola tempat sampah rumah tangga atau tempat pembuangan sampah pribadi di rumah-rumah, sebagaimana disarankan standar kesehatan :

1. Pisahkan sampah kering hasil indutsri atau non organik ( undegradable material) dengan sampah basah alami atau organik (degradable material) dalam wadah plastik. Maksud pemisahan ini karena sampah organik akan membusuk dalam waktu kurang dari 24 jam (tanpa aerasi yang baik) sehingga jika tergabung dengan sampah an-organik akan menjadikan semua bahan tercemari dan sulit guna di daur ulang sendiri maupun oleh pihak lain.


2. Tempat sampah harus terlindung dari sinar matahari langsung, hujan, angin, dan lain sebagainya.


3. Hindari tempat sampah menjadi sarang binatang seperti kecoa, lalat, belatung, tikus, kucing, semut, dan lain-lain dengan menempatkannya dengan jarak tertentu diatas permukaan lantai,


4. Buang sampah dalam kemasan plastik atau fiber  yang  tidak tertutup rapat agar tidak mudah mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat keluaran gas metahana (CH4) dan H2S.


5. Tempat sampah harus aman dari segala gangguan namun mudah dijangkau untuk kepentingan upaya menjaga kebersihan maupun uapaya daur ulang sampah melalui pengomposan.

Terbatasnya informasi dan pemahaman masyarakat akan perbedaan sampah organik dan anorganik, tempat sampah harus disertai dengan keterangan daftar nama dan gambar yang memudahkan semua lapisan masyarakat, termasuk anak-anak belajar membedakan kedua jenis sampah tersebut. Persepsi masyarakat juga harus dirobah, sampah bau karena tanpa oksigen, lebih 20 jam akan timbulkan bau. Dengan menutup rapat pada tempat sampah umum maupun kantong plastik, sebenrnya itulah pangkal masalah bau. Jadi bukan karena bau maka ditutup tapi justru karena tertutup rapat, terjadi reaksi anaeerobik, keluarkan gas polutan dan itulah bau busuk.

Tempat Sampah Terpilah BerSeka ini menyajikan semua kepentingan standar kesehatan diatas sehingga layak dimilki semua keluarga yang mendambakan kesehatan keluarga.


Berapa Banyak Alat dan Berapa Nilai Alat Instalasi Pengelolaan Sampah ?

Kapasitas 1 Unit Tempat Sampah Terpilah (TST) ini adalah 5 liter, atau setara dengan kebutuhan suatu rumah tangga kecil ( 5 jiwa)/ hari. Rata-rata keluaran sampah di Indonesia 2,6 liter/jiwa/hari dibagi menjadi 2 ( dua) jenis sampah ( organik dan an-organik) sehingga dikurangi sampah terbuang diluar rumah dapat di kalkulasi sampah organik terbuang 5 jiwa di rumah adalah 5 liter.





Pada program pengolahan sampah di sumbernya timbul, 500 sampai 1000 Keluarga (KK) kemudian dilayani oleh masing-masing 1 Unit Motor kolektor BerSeka secara berbeda antara Motor sampah Organik dan an-Organik. Kemudian setiap Instalasi memiliki 1 (satu) Unit Komposter Rotary Klin berkapasitas 1500 sd 2000 liter ( 1 Ton) dengan kemampuan mengolah sampah menjadi kompos dalam 5 hari. Dengan demikian, paket Instalasi Pengolahan Kompos Kota (IPKK) akan terdiri dari 500 sd 1000 ( seribu) Tempat Sampah Terpilah (TST), 2 ( dua) Unit Motor Kolektor Sampah (MKS) dan 5 ( Lima) Unit Komposter Rotary Klin BioPhosko kapasitas 1 Ton.

Apa dan berapa nilai Rp - yang akan anda peroleh sebagai pengelola IPKK ?


Sekurangnya anda akan peroleh :


1. Hasil Kompos ( amilioran pembenah tanah) sebanyak 50 % dari berat sampah atau 1 ton sampah ~ 3 m3 akan menghasilkan Kompos 500 kg x Rp. 500- Rp 1000/kg atau senilai Rp. 500.000,- sd Rp 1.000.000,-~ Rp 15.000.000,-/bulan




2. Pupuk Organik Cair (POC) sekitar 10 liter atau 20 botol  @ 500 ml xRp 40.000,-) atau senilai Rp 800.000,- atau sekitar Rp 15.000.000,-/bulan,



3. Sampah An-Organik ( plastik, logam, dst ) sekitar @ 1 kg/ Rumah atau sebanyak 1000 kg dengan nilai belum dihitung (PM),


4. Retribusi kebersihan atau iuran kebersihan warga- yang biasa dikumpul di Indonesia oleh setiap RT/RW dengan rata-rata @ keluarga Rp 20.000,- sd Rp. 50.000,- /bulan atau untuk setiap IPKK/ 1000 KK akan hasilkan minimal Rp 20.000.000,-/ bulan,


Total Pendapatan IPKK / bulan sekurangnya = Rp. 50.000.000,- ( Lima Puluh Juta Rupiah)

Sungguh suatu pendapatan yang fantastis jika mengingat modal dan tenaga kerja yang relatif tidak perlu modal besar.


Perkiraan modal yang dibutuhkan :


2. Tempat Sampah Terpilah (TST) 1000 unit @ 395.000.000,- yang dapat menjadi beban setiap Rumah,

3. Motor Roda Tiga 2 Unit Rp 35.000.000,-




Total Modal minimal jika TST dibebankan ke setiap Rumah = Rp 110.000.000,- atau jika Tempat Sampah Terpilah menjadi Investasi anda akan diperlukan modal Rp 505.000.000,- Tentu saja kalkulasi ini belum menghitung modal kerja bagi setiap proses pengolahan 1 ton sampah organik bahan kompos. Namun dengan analisa sederhana anda bisa menghitung jika setiap 1 Ton sampah organik akan membutuhkan 1 kg ( 1 / 1000 dari bahan sampah 1 Ton) Green Phoskko Compost Activator dan 30 kg ( 3 % bahan sampah 1 Ton )Mineral Bulking Agent Green Phoskko senilai ke-2 nya adalah Rp 250.000,-


Bagaimana Mendapatkan Uang Bagi Modal Itu ?

Pembaca, saat ini perusahaan memerlukan media promosi efektif agar produknya mendapat "awareness" konsumen. Semua alat perlengkapan IPKK dapat ditawarkan kepada setiap perusahaan menjadi media Iklan produk yang cocok seperti sabun, sabun cuci, produk berorientasi kesehatan ( pembersih lantai, pembersih rumah dari hama/nyamuk, dst) serta produk lainnya.


Disamping dijual ke perusahaan digunakan iklan, dapat juga dana Pembinaan Lingkungan BUMN ( PKBL BUMN) seperti Telkom, ANTAM, PT PGN ( Persero) serta perusahaan swasta yang berorientasi dan memerlukan pada pencitraan lingkungan atau sebagai suatu persyaratan dalam mendapatkan sertifikat ISO 14002.

Belum lagi alternatif pembiayaan yang dapat dilakukan dengan cara memusyawrahkan pada level RT/RW setempat, dimana investasi dibebankan kepada warga atau RT/ RW membentuk Koperasi Warga.



Layanan Informasi dan Pembelian Produk Bisa Didapatkan Di Agen Outlet PT CVSK Di Wilayah Indonesia dan Semenanjung, klik Daftar Alamat Agen CVSK Disini

 

Dalam pengalaman usahawan UKM Mikro di Bandung, sebenarnya modal terbesar adalah tekad kuat berkeinginan mengusahakan Instalasi Pengelolaan Kompos Kota (IPKK) dengan motivasi mendapatkan laba sekaligus ikut serta menjaga lingkungan agar tetap asri dan bersih serta menghasilkan pupuk organik bagi kepentingan tanaman pekarangan bagi pengusahaan tanaman obat dan bunga maupun bagi kepentingan para petani pada umumnya. Sekali lagi bahwa tekad yang kuat telah dipancangkan, pantang mundur maka kemudahan akan didapatkan++)









COMMENTS

#2ndHITRIBA 24 Januari 2019

Arsip Berita

Labels

Entrepreneurship (184) Curhat (182) Belajar Islam (137) World Wide Web (101) Free Open Source Software (FOSS) (87) SISFO STISI Telkom (SISITI) (87) Free to use (75) TKJ (68) ESQ (67) TIK (51) Information Technology (49) Mix (36) ClearOS (27) Website (26) Iseng (21) Pemeringkatan Institusi (21) Leadership amp; Enterpreneurship (20) Backlink (19) rss (18) backlinks (16) web (15) Webometrics (14) ubuntu (14) SEO (13) Ubuntu Family (13) repository (13) Open Source (12) submission (12) Blog (11) Telkom (11) cos 6 (11) kepemimpinan (11) Kunci Sukses Merintis Bisnis (10) STISI (10) STISI Telkom (10) folder (9) laporan (9) Mechanical Electrical (8) RedHat Family (8) bisnis (8) foss (8) islam (8) marketing (8) opensource (8) pemimpin (8) repositories (8) sungai (8) ICT (7) Orang (7) cisco (7) digital (7) ebook (7) indonesia (7) wanita (7) Orang Bodoh Vs Orang Pinter (6) doa (6) google+ (6) jilbab (6) leadership (6) linux (6) motivasi (6) mut'ah (6) reports (6) surga (6) tools (6) training (6) url (6) Alumni SMPN 28 Bandung Angkatan 95 (5) Arti Syukur (5) Arus Kiri-Kanan Ekonomi Syariah (5) Bahasa jurnalistik yang tidak mendidik dan tidak sesuai pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (5) Berjuanglah Karena Allah (5) Bila Jodoh Tak Kunjung Tiba (5) Bing Menyalin Hasil Pencarian Google (5) Blog STISI Telkom (5) Bodoh (5) CIA (5) Cara Jitu Kendalikan "Bad Mood" (5) DCI (5) Dalam dunia Open Source bisa dihargai mahal bukan karena software lebih keren tapi karena support dan servicenya (5) Data Dukung Untuk Proses Pengadaan (5) Dear SBY tersayang (5) Dosa-dosa TIK oleh Bangsa Indonesia (5) E Learning 2 Model Baru Belajar Online (5) Easy Picture Resize in Ubuntu (5) Enterpreneurship (5) FOSS ELearning Authoring Toolkit (5) FOSS Online Library Aplication (5) Gerhana Matahari Dan Bulan (5) Grub Menu Burg on Ubuntu (5) Haram Mengkafirkan Sesama Muslim (5) Harga perangkat komputer naik? (5) Haruskah Resign saat merintis bisnis (5) Hepatology (5) Hindari Cekikan Musim Berbunga (5) Home SSL Secures Socket Layer (5) IGOS berbasis Fedora edit setelah instalasi IGOS (5) Install Ailurus di Ubuntu (5) Install Cinnamon On Fedora (5) Inteligensi Positif (5) Internet Gateway dengan Fedora (5) Irak (5) Janji Laba Kebun Emas (5) Karakter Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Entrepreneur (5) Kebijakan Pengembangan E learning (5) Keindahan Akhlaq dan Sifat Rosulullah (5) Keistimewaan WANITA didalam Islam (5) Kenali Gaya Kerja Anda (5) Kerja atau Bisnis (5) Kesehatan (5) Khawatir akan jodoh (5) Komplain speedy (5) Konferensi Nasional ICT Management (5) Konfigurasi NTP Server di Fedora (5) Lelaki Berbakti Kepada Orang Tua dan Istri Berbakti Kepada Suami (5) Letter for Adnan Buyung Nasution (5) Linux dengan tampilan windows xp berjalan sangat mulus di ubuntu 11 dan Fedora Fusion 14 (5) Live Logs Viewer (5) Maaf Aku Tak Kan Mengucapkan Selamat Ulang Tahun (5) Melatih Bayi Mandiri (5) Membuat radio online sendiri (5) Mempelajari Organisasi (5) Memulai Usaha Kuliner (5) Memulai dari bawah (5) Menambah Repo Tim Burgess Di Clearos (5) Mengelola Qalbu Dari Qalbu Menuju Profesionalisme (5) Menghitung Keuntungan Ekonomi Cloud Computing (5) Menghormati Jenazah Orang Mati (5) Mengidap Pluralisme Agama Pertanda Rusak Akalnya (5) Meningkatkan kemanan ClearOS Server (5) Menyikapi Ajakan Kemusyrikan Obama di Istiqlal (5) Messenger Chat multi account (5) Mintalah didoakan oleh ibu (5) Muhasabah Cinta (5) Nikah Siri dan Nikah Mut ah (5) OJS (5) ORANG ISLAM WAJIB BERUSAHA MENJADI KAYA (5) Open Journal System (5) PLTN Why Not (5) Partisipasi Pegawai STISI Telkom Dalam Blog Institusi (5) Pekerjaan Rumah untuk SiX it any list customer (5) Pelatihan (5) Penambahan Nilai Barang Inventaris (5) Penciptaan Manusia (5) Pendidikan (5) Pengambilan Nama dan artinya Davian Sammy Alfarizqi bin Hilfan Soeltansyah (5) Pengetahuan dasar Hosting (5) Penjaminan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia (5) Peralatan Uji Jaringan Komputer (5) Perawatan Sistem dan Jaringan Komputer (5) Perpustakaan Digital dan Pengelolaanya (5) Perubahan Pengelolaan Nama Domain (5) Pinter (5) Pria Menikah Lebih Mapan dari Pria Lajang (5) Proposal (5) Proposal Pelatihan Blog STISI Telkom (5) Rahasia Menjadi Pengusaha (5) Ramuan ajaib jadi kaya (5) Ridzki Setelah Nikah (5) Riung Gede Permai (5) Sebelum Terlambat Jalankan Wirausaha Walaupun Anda Seorang Karyawan (5) Sepenggal Kisah Bung Karno pasca huru hara 1965 (5) Setting ClearOS untuk warnet yang menggunakan Microsoft Windows (5) Setting grub fedora agar kembali ke ubuntu (5) Sikap Amerika (5) Simbol Dua Jari untuk Swear Sumpah (5) Simpan Data Gratis di Internet (5) Software Open Source Bisa Hemat Miliaran Rupiah (5) Strategi Marketing (5) Strategi Memasarkan Produk (5) Strategi Pengembangan dan Implementasi e Learning di Perguruan Tinggi (5) Subnetting (5) Surat terbuka kepada para pendidik bidang TI Indonesia ( by I Made Wiryana ) (5) Tabir Pernikahan (5) Tata Cara Shalat Gerhana (5) Tenyata nasi berbahaya untuk kesehatan (5) The Dude aplikasi untuk monitoring jaringan (5) Tips Memilih Hosting (5) Twitter Bisa Menginformasikan Email Anda Kepada Spammer (5) UEFI Secure Boot Impact on Linux (5) Ulil Fatwa dan Ahmadiyah (5) VPN Komunikasi Data Pribadi Tanpa Batas (5) WMD (5) Webometrics STISI Telkom (5) bulan (5) dunia (5) gerhana (5) global warming (5) inkscape (5) kotor (5) matahari (5) muCommander Aplikasi Alternatif pengganti WinSCP di Linux (5) multimedia (5) nikah (5) perempuan (5) perpustakaan (5) sejati (5) software (5) sukses (5) syariah (5) terminal (5) the best free and opensource games of the Linux land (5) walau Aku Ingat Ultahmu (5) Alumni SMA 23 Bandung Angkatan 98 (4) Buku (4) Install BURG in Ubuntu Lucid (4) Install Nagios from repo Fedora Centos SL (4) Migrasi ke Linux Thailand Sukses Kurangi Ketergantungan Pada Microsoft (4) Monit Aplikasi Linux Untuk Menjaga Service Server Tetap Jalan (4) Rinso (4) Wordpress (4) bahan (4) bayi (4) cacti (4) cicahur (4) design web (4) directories (4) doi (4) e-book (4) file (4) good (4) google scholar (4) greenpeace (4) grow (4) guidelines (4) halaman (4) handle (4) html naming (4) important (4) institusi (4) institution (4) internet (4) istri (4) karya tulis ilmiah (4) kesalahan (4) kewirausahaan (4) kimia (4) kongres (4) management (4) network (4) padalarang (4) pagerank (4) pemeringkatan (4) pendidikkan (4) ranking (4) redhat (4) router (4) rupiah (4) sampah (4) smart way (4) terkotor (4) transparansi (4) warna (4) warni (4) webmaster (4) Info Akademik (3) Kecerdasan (3) Leadership amp; Managerial (3) bajakan (3) barat (3) berbayar (3) boros (3) emosi (3) fedora (3) hemat (3) iran (3) kompos (3) kuesioner (3) melayani (3) miliar (3) muslim (3) muslimah (3) organisasi (3) puasa (3) qualities (3) shalat (3) syiah (3) takakura (3) teori (3) woorank (3) zakat (3) Aset Yang Menggerogoti Kemakmuran Anda (2) COBIT (2) ClearOS 6.3 (2) Content (2) Couple Inspiring Proverbs (2) Desain (2) E-Learning (2) E-Marketing (2) Enterprise Architecture Planning (2) Fiqh (2) Fiqh Muamalah (2) Firewall (2) General Mechanical Electrical (2) GolPut (2) Heartbeat (2) JadwalKajianBandung (2) Jaminan Garansi Yang Haram (2) Kantor (2) Konflik (2) Kunci (2) Lampu (2) MUI (2) Masuk (2) Melatih Karyawan Mengelola Social Media (2) Mengapa Ummat Islam Mundur dan Ummat Selain Islam Maju (2) Mengenal (2) Merintis (2) Mewaspadai (2) Moodle (2) Muamalah (2) Nabi (2) Nikola Tesla (2) Office Tools (2) Panduan (2) Penyimpangan (2) Perbandingan Hasil Perolehan Webometrics YPT Group 26 Maret 2012 (2) Proxy (2) SISTEM (2) Sandrina Malakiano (2) Scimago Institution Ranking SIR 2011 (2) Search (2) Search Engine (2) Selama Kekayaan Alam Dirampok Asing Indonesia Akan Terus Miskin (2) Sholat Tasbih (2) Solar (2) Sumur (2) Week (2) application (2) audio (2) aurat (2) bahasa (2) based (2) bawahan (2) bidadari (2) bing (2) bola (2) bos (2) build (2) buka (2) cara (2) centos (2) crystal (2) efektifitas (2) efektivitas (2) enhanced Telecom Operations Map (2) exchange (2) feed (2) fisika (2) google docs (2) gratis (2) haid (2) herzberg (2) hikmah (2) ilmu (2) karyawan (2) kelahiran (2) keranjang (2) kesuksesan (2) kiat (2) kisah (2) kompetensi (2) komputer (2) kristal (2) lelaki (2) listrik (2) madu (2) malam (2) mandi (2) manusia (2) marah (2) mcclelland (2) membuat (2) mempertahankan (2) mendoakan (2) merokok (2) metrotv (2) microsoft (2) mutiah (2) pegawai (2) pemerintah (2) pengantin (2) penghuni (2) perangkat (2) php (2) plasma (2) remarkable (2) resapan (2) rokok (2) rumah (2) sains (2) sayur (2) shahih (2) strategi (2) suci (2) tanpa (2) teknologi (2) tenang (2) tercinta (2) terlarang (2) tidur (2) traffic (2) tv (2) vektor (2) video (2) yahudi (2) zina (2) Appearance (1) Arab (1) Aryanto Mangundihardjo (1) Atasi (1) Austro (1) Autodetect (1) Background (1) Balance (1) Baron (1) Baron Magazine (1) Basic (1) Beasiswa (1) Belajar E-Business (1) Belajar Pemrograman (1) Belajar SEO (1) Bill Parker (1) Bobby Jones (1) Bot (1) Breaks (1) Bug (1) Business Process Framework (eTOM) (1) CBR250R (1) CEO (1) CIO (1) CSS (1) Cain and Abel (1) Calon Karyawan yang Dicari Perusahaan TI (1) Cara Mudah Daftar Google Adsense (1) Cara install monitorix (1) Checklist (1) Citibank (1) ClearOS 6 (1) Color (1) Community (1) Control (1) Convert (1) Crawl (1) Create (1) Cyber (1) Dahsyatnya (1) Deadline (1) Desain Interior (1) Document (1) Dosen (1) ECCT (1) EPrt (1) EQ (1) Eclipse (1) Eclipses (1) Edit Teks Dalam Putty (1) Edit Teks Menggunakan Vi Dalam Linux (1) Elegan (1) Embargo Itu Pil yang Menyehatkan (1) Emotional Quotient (1) Engine (1) English Communicative Competence Test (1) English Proficiency Test (1) Etika (1) FF Multi Converter (1) Files (1) Fine (1) Fokus Pada Keahlian Anda (1) Framework (1) Friendly (1) GNU (1) Gambaran Wanita Menggunakan Jilbab PUNUK ONTA (1) Golfer (1) Google Adwords (1) Google merubah Algoritma Pencarian (1) Guru (1) H Joko Widodo (1) H Jokowi (1) HDD (1) HTML (1) HWinfo Hardware Info (1) Handoko Joko Widodo (1) Heartbleed (1) Hiburan (1) Hosting (1) Hungarian (1) IQ (1) ISP (1) IT Governance (1) Ibu (1) Icon Network Manager Hilang Ubuntu (1) Ilmu Alam (1) Image (1) Import Wordpress ke Blogger (1) Incoming Connection (1) Information (1) Infrastructure (1) Insert (1) Install Gerix Wifi Crack di Ubuntu 10 (1) Intelligent Quotient (1) Istighfar (1) Italian (1) Jawab (1) Jim Geovedi (1) Jokowi (1) Kamboja (1) Kapal (1) Karya (1) Kedahsyatan (1) Kencan (1) Keren (1) Keyword (1) Keywords (1) Kismet (1) Kloxo (1) Kloxo-MR (1) Kondom (1) Korban (1) Kreativitas (1) Kriminal (1) Laa nabiyya ba'dahu (1) Light (1) Lingkungan hidup (1) Lunar (1) MQ (1) MR (1) MU (1) Majalah Baron (1) Masa Depan (1) Massimo Marchiori (1) Media (1) Memantau traffic dengan Sitemeter (1) Membandingkan Galaxy S III dengan iPhone 4S dan HTC One X (1) Membuat password yang benar (1) Memilih Kata Kunci Yang Berhasil Didalam Google AdWords (1) Memimpin (1) Memulai Pemrograman Android (1) Mencegah Facebook kena hack (1) Mengamankan (1) Mengenal Pemrograman Python (1) Menghadapi (1) Menjalankan Power Point 2007 di LINUX (1) Menulis Artikel yang baik menurut SEO (1) Menyelesaikan (1) Merawat Baterai Laptop (1) Moral Quotient (1) Multi User (1) NMAP (1) NST (1) Neraka (1) Nessus Remote Security Scanner (1) NetStumbler (1) Nobel (1) Nuh (1) OB (1) Objectives (1) Opacity (1) Open Journal Systems (1) OpenSSL (1) Optimalisasi (1) Optimasi Blog Baru (1) Otak kanan (1) Otak kiri (1) PS4 (1) Pacemaker (1) Panduan untuk Pengelola Jurnal (1) Panel (1) Panel Hosting (1) Panel Hosting Full (1) Pekerjaan (1) Pelaku (1) Pengalaman (1) Pengembangan Aplikasi Human Resources Development dan Payroll (1) Percantik Desktop Ubuntu dengan Conky (1) Perspective (1) Pertama (1) Pirate Bay (1) Port (1) Presentation (1) Program Python (1) Project Management (1) QS Stars (1) REDD (1) RGBA (1) ROKET AIR (1) Racun (1) Rajin (1) Related (1) Ridwan Kamil (1) Risma (1) SCImago Journal amp; Country Rank (1) SEO-Friendly (1) SERP (1) SMS (1) SQ (1) SSD (1) Said Bin Amir (1) Sales Amatir VS Sales Professional (1) Sby (1) Scimago Institution Ranking SIR Indicator (1) Search Enggine (1) Selasa (1) Seo Woothy (1) Seputar (1) Sholat (1) Sisanya Outsource-kan saja (1) Site (1) SiteMap (1) Smartphone (1) Software Akuntansi Laporan Keuangan (1) Spiritual (1) Spiritual Quotient (1) Steam Machine (1) SteamOS (1) Strategi Fungsional (1) Studi (1) Style (1) Subdirectory (1) Subdomain (1) SuperScan (1) Surabaya (1) Syrian (1) TKW (1) TOR (1) Tag (1) Tanya (1) Technology (1) Tel-U (1) Televisi (1) Template (1) Tentang IndonesiaTanpaJIL dari Ichanx (1) Terbaik (1) Term of Reference (1) Terpenting (1) Tesla (1) The Holistic Character Workshop Program (1) Think Big (1) Thomas Alfa Edison (1) Tips Mencari Backlink (1) Transparent (1) Truck (1) Uang Kertas Biang Krisis Ekonomi (1) Unit Pengelola Pemeringkat Institusi (1) Usability (1) VP (1) Venus VT18 on Ubuntu (1) WIG (1) WPAD (1) WebConfig (1) Webometric bulan juni 2012 STISI Telkom (1) What is Open Source (1) Wildly Important Goals (1) Wireshark (1) WiseMapping (1) Worldwide (1) Xbox One (1) Yahoo (1) Yugoslavia (1) artis (1) artisteer (1) as (1) asing (1) astonaut (1) ayah (1) babi (1) badminton (1) bahaya (1) baik (1) bandung (1) bandwidth (1) benci (1) beragama (1) berperan (1) bersahabat (1) bersih (1) besar (1) bidang (1) blocking (1) bodhi (1) bosses (1) buah (1) bulu tangkis (1) bypass (1) capacitor bank (1) captcha (1) cari (1) chairul tanjung (1) ciri-ciri (1) company (1) crowdsourcing (1) daging (1) dakwah (1) dansguardian (1) denda (1) depan (1) describe (1) diaktifkan (1) dicari (1) dijauhi (1) disiplin (1) dkv (1) dolar (1) dvd (1) eXtplorer (1) empati (1) employees (1) enterprise (1) entrepreneurs (1) exceptional (1) exe (1) export (1) facebook (1) film (1) filosofi (1) filtering (1) foss grafis dot com (1) free (1) freeware (1) gagal (1) games (1) gangguan (1) gaya (1) gimp (1) give (1) golf (1) goole docs (1) graffiti (1) graphics (1) gtk (1) hacker (1) hak (1) hard (1) hasan (1) hati (1) holistik (1) hutan (1) ide (1) imam (1) imtaq (1) infrastruktur (1) instal monitoring monitorix clearos (1) install monitorix clearos 6.3 (1) interior (1) ip (1) ip address (1) iptek (1) jaringan islam liberal (1) jayapura (1) jenis (1) jepang (1) jil (1) jizyah (1) jual (1) judi (1) ka'bah (1) kabel (1) kaderisasi (1) kanan (1) karir (1) kata (1) kebebasan (1) keberhasilan (1) kebijakan (1) kecewa (1) kedisiplinan (1) keislaman (1) kekanan (1) kekayaan (1) kendalikan (1) kepahlawanan (1) kepentingan (1) kerja (1) kertas (1) keuangan (1) kewajiban (1) kinerja (1) kok (1) komentar (1) komunikasi (1) konsep (1) korupsi (1) koruptor (1) kriteria (1) kulit (1) laser (1) leader (1) library (1) like (1) likert (1) limitation (1) logo (1) mabuk (1) madoff (1) maintenance (1) makna (1) managers (1) masa (1) masjid (1) mati (1) melemah (1) membesarkan (1) memegang (1) memulai (1) mengendalikan (1) menghitung (1) menguat (1) menulis (1) menyakiti (1) menyamping (1) merah (1) merge (1) messages (1) microsoft powerpoint (1) minyak (1) mlm (1) model (1) moral (1) motor (1) mountain (1) mudik (1) multiply (1) munafik (1) naik (1) narkoba (1) negeri (1) never (1) nilai (1) ntfs (1) nutirsi (1) olahan (1) omar (1) online (1) open (1) organisasional (1) paradigma (1) path (1) pekarangan (1) pemanasan (1) pembersih (1) pencari (1) pendiri (1) pengelola (1) pengelolaan (1) pengendalian (1) penguasa (1) pensiun (1) pentest (1) penting (1) penutup (1) performance (1) perkembangan (1) perluasan (1) perpus (1) pesimis (1) phpdom (1) phyton (1) pijar (1) pilih (1) pluralisme (1) pluralitas (1) pohon (1) ponzi (1) posisi (1) powerpoint (1) presentasi (1) prezi (1) purba (1) radius (1) rahasia (1) ramadhal (1) reason (1) reboisasi (1) recovery (1) redirect (1) registrasi (1) rensis likert (1) rosul (1) rosululloh (1) rumah kaca (1) samping (1) security (1) sedekah (1) sejarah (1) sekolah (1) seks (1) seni (1) serapah (1) serial (1) server (1) session (1) shuttle (1) situs (1) social networking (1) source (1) sozi (1) status (1) success (1) sumpah (1) syirik (1) tanda (1) tarawih (1) tato (1) tcp (1) terakhir (1) terima (1) tertua (1) tinggi (1) tipologi (1) tolak (1) tpcc (1) transaksional (1) transformasional (1) transported (1) tubuh (1) tukang (1) tumbal (1) turun (1) twitter (1) udp (1) ugm (1) umar (1) unik (1) unix (1) virtual host (1) virus (1) visioner (1) vitamin (1) watak (1) webbased (1) windows (1) wizard (1) work (1) works (1) yourself (1) zorin (1)
Name

Alumni SMA 23 Bandung Angkatan 98,4,Alumni SMPN 28 Bandung Angkatan 95,5,Appearance,1,application,2,Arab,1,Arti Syukur,5,artis,1,artisteer,1,Arus Kiri-Kanan Ekonomi Syariah,5,Aryanto Mangundihardjo,1,as,1,Aset Yang Menggerogoti Kemakmuran Anda,2,asing,1,astonaut,1,Atasi,1,audio,2,aurat,2,Austro,1,Autodetect,1,ayah,1,babi,1,Background,1,Backlink,19,backlinks,16,badminton,1,bahan,4,bahasa,2,Bahasa jurnalistik yang tidak mendidik dan tidak sesuai pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,5,bahaya,1,baik,1,bajakan,3,Balance,1,bandung,1,bandwidth,1,barat,3,Baron,1,Baron Magazine,1,based,2,Basic,1,bawahan,2,bayi,4,Beasiswa,1,Belajar E-Business,1,Belajar Islam,137,Belajar Pemrograman,1,Belajar SEO,1,benci,1,beragama,1,berbayar,3,Berjuanglah Karena Allah,5,berperan,1,bersahabat,1,bersih,1,besar,1,bidadari,2,bidang,1,Bila Jodoh Tak Kunjung Tiba,5,Bill Parker,1,bing,2,Bing Menyalin Hasil Pencarian Google,5,bisnis,8,blocking,1,Blog,11,Blog STISI Telkom,5,Bobby Jones,1,bodhi,1,Bodoh,5,bola,2,boros,3,bos,2,bosses,1,Bot,1,Breaks,1,buah,1,Bug,1,build,2,buka,2,Buku,4,bulan,5,bulu tangkis,1,Business Process Framework (eTOM),1,bypass,1,cacti,4,Cain and Abel,1,Calon Karyawan yang Dicari Perusahaan TI,1,capacitor bank,1,captcha,1,cara,2,Cara install monitorix,1,Cara Jitu Kendalikan "Bad Mood",5,Cara Mudah Daftar Google Adsense,1,cari,1,CBR250R,1,centos,2,CEO,1,chairul tanjung,1,Checklist,1,CIA,5,cicahur,4,CIO,1,ciri-ciri,1,cisco,7,Citibank,1,ClearOS,27,ClearOS 6,1,ClearOS 6.3,2,COBIT,2,Color,1,Community,1,company,1,Content,2,Control,1,Convert,1,cos 6,11,Couple Inspiring Proverbs,2,Crawl,1,Create,1,crowdsourcing,1,crystal,2,CSS,1,Curhat,182,Cyber,1,daging,1,Dahsyatnya,1,dakwah,1,Dalam dunia Open Source bisa dihargai mahal bukan karena software lebih keren tapi karena support dan servicenya,5,dansguardian,1,Data Dukung Untuk Proses Pengadaan,5,DCI,5,Deadline,1,Dear SBY tersayang,5,denda,1,depan,1,Desain,2,Desain Interior,1,describe,1,design web,4,diaktifkan,1,dicari,1,digital,7,dijauhi,1,directories,4,disiplin,1,dkv,1,doa,6,Document,1,doi,4,dolar,1,Dosa-dosa TIK oleh Bangsa Indonesia,5,Dosen,1,dunia,5,dvd,1,E Learning 2 Model Baru Belajar Online,5,e-book,4,E-Learning,2,E-Marketing,2,Easy Picture Resize in Ubuntu,5,ebook,7,ECCT,1,Eclipse,1,Eclipses,1,Edit Teks Dalam Putty,1,Edit Teks Menggunakan Vi Dalam Linux,1,efektifitas,2,efektivitas,2,Elegan,1,Embargo Itu Pil yang Menyehatkan,1,emosi,3,Emotional Quotient,1,empati,1,employees,1,Engine,1,English Communicative Competence Test,1,English Proficiency Test,1,enhanced Telecom Operations Map,2,Enterpreneurship,5,enterprise,1,Enterprise Architecture Planning,2,entrepreneurs,1,Entrepreneurship,184,EPrt,1,EQ,1,ESQ,67,Etika,1,exceptional,1,exchange,2,exe,1,export,1,eXtplorer,1,facebook,1,fedora,3,feed,2,FF Multi Converter,1,file,4,Files,1,film,1,filosofi,1,filtering,1,Fine,1,Fiqh,2,Fiqh Muamalah,2,Firewall,2,fisika,2,Fokus Pada Keahlian Anda,1,folder,9,foss,8,FOSS ELearning Authoring Toolkit,5,foss grafis dot com,1,FOSS Online Library Aplication,5,Framework,1,free,1,Free Open Source Software (FOSS),87,Free to use,75,freeware,1,Friendly,1,gagal,1,Gambaran Wanita Menggunakan Jilbab PUNUK ONTA,1,games,1,gangguan,1,gaya,1,General Mechanical Electrical,2,gerhana,5,Gerhana Matahari Dan Bulan,5,gimp,1,give,1,global warming,5,GNU,1,golf,1,Golfer,1,GolPut,2,good,4,Google Adwords,1,google docs,2,Google merubah Algoritma Pencarian,1,google scholar,4,google+,6,goole docs,1,graffiti,1,graphics,1,gratis,2,greenpeace,4,grow,4,Grub Menu Burg on Ubuntu,5,gtk,1,guidelines,4,Guru,1,H Joko Widodo,1,H Jokowi,1,hacker,1,haid,2,hak,1,halaman,4,handle,4,Handoko Joko Widodo,1,Haram Mengkafirkan Sesama Muslim,5,hard,1,Harga perangkat komputer naik?,5,Haruskah Resign saat merintis bisnis,5,hasan,1,hati,1,HDD,1,Heartbeat,2,Heartbleed,1,hemat,3,Hepatology,5,herzberg,2,Hiburan,1,hikmah,2,Hindari Cekikan Musim Berbunga,5,holistik,1,Home SSL Secures Socket Layer,5,Hosting,1,HTML,1,html naming,4,Hungarian,1,hutan,1,HWinfo Hardware Info,1,Ibu,1,Icon Network Manager Hilang Ubuntu,1,ICT,7,ide,1,IGOS berbasis Fedora edit setelah instalasi IGOS,5,ilmu,2,Ilmu Alam,1,Image,1,imam,1,Import Wordpress ke Blogger,1,important,4,imtaq,1,Incoming Connection,1,indonesia,7,Info Akademik,3,Information,1,Information Technology,49,Infrastructure,1,infrastruktur,1,inkscape,5,Insert,1,instal monitoring monitorix clearos,1,Install Ailurus di Ubuntu,5,Install BURG in Ubuntu Lucid,4,Install Cinnamon On Fedora,5,Install Gerix Wifi Crack di Ubuntu 10,1,install monitorix clearos 6.3,1,Install Nagios from repo Fedora Centos SL,4,institusi,4,institution,4,Inteligensi Positif,5,Intelligent Quotient,1,interior,1,internet,4,Internet Gateway dengan Fedora,5,ip,1,ip address,1,iptek,1,IQ,1,Irak,5,iran,3,Iseng,21,islam,8,ISP,1,Istighfar,1,istri,4,IT Governance,1,Italian,1,JadwalKajianBandung,2,Jaminan Garansi Yang Haram,2,Janji Laba Kebun Emas,5,jaringan islam liberal,1,Jawab,1,jayapura,1,jenis,1,jepang,1,jil,1,jilbab,6,Jim Geovedi,1,jizyah,1,Jokowi,1,jual,1,judi,1,ka'bah,1,kabel,1,kaderisasi,1,Kamboja,1,kanan,1,Kantor,2,Kapal,1,Karakter Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Entrepreneur,5,karir,1,Karya,1,karya tulis ilmiah,4,karyawan,2,kata,1,kebebasan,1,keberhasilan,1,kebijakan,1,Kebijakan Pengembangan E learning,5,Kecerdasan,3,kecewa,1,Kedahsyatan,1,kedisiplinan,1,Keindahan Akhlaq dan Sifat Rosulullah,5,keislaman,1,Keistimewaan WANITA didalam Islam,5,kekanan,1,kekayaan,1,kelahiran,2,Kenali Gaya Kerja Anda,5,Kencan,1,kendalikan,1,kepahlawanan,1,kepemimpinan,11,kepentingan,1,keranjang,2,Keren,1,kerja,1,Kerja atau Bisnis,5,kertas,1,kesalahan,4,Kesehatan,5,kesuksesan,2,keuangan,1,kewajiban,1,kewirausahaan,4,Keyword,1,Keywords,1,Khawatir akan jodoh,5,kiat,2,kimia,4,kinerja,1,kisah,2,Kismet,1,Kloxo,1,Kloxo-MR,1,kok,1,komentar,1,kompetensi,2,Komplain speedy,5,kompos,3,komputer,2,komunikasi,1,Kondom,1,Konferensi Nasional ICT Management,5,Konfigurasi NTP Server di Fedora,5,Konflik,2,kongres,4,konsep,1,Korban,1,korupsi,1,koruptor,1,kotor,5,Kreativitas,1,Kriminal,1,kristal,2,kriteria,1,kuesioner,3,kulit,1,Kunci,2,Kunci Sukses Merintis Bisnis,10,Laa nabiyya ba'dahu,1,Lampu,2,laporan,9,laser,1,leader,1,leadership,6,Leadership amp; Enterpreneurship,20,Leadership amp; Managerial,3,lelaki,2,Lelaki Berbakti Kepada Orang Tua dan Istri Berbakti Kepada Suami,5,Letter for Adnan Buyung Nasution,5,library,1,Light,1,like,1,likert,1,limitation,1,Lingkungan hidup,1,linux,6,Linux dengan tampilan windows xp berjalan sangat mulus di ubuntu 11 dan Fedora Fusion 14,5,listrik,2,Live Logs Viewer,5,logo,1,Lunar,1,Maaf Aku Tak Kan Mengucapkan Selamat Ulang Tahun,5,mabuk,1,madoff,1,madu,2,maintenance,1,Majalah Baron,1,makna,1,malam,2,management,4,managers,1,mandi,2,manusia,2,marah,2,marketing,8,masa,1,Masa Depan,1,masjid,1,Massimo Marchiori,1,Masuk,2,matahari,5,mati,1,mcclelland,2,Mechanical Electrical,8,Media,1,Melatih Bayi Mandiri,5,Melatih Karyawan Mengelola Social Media,2,melayani,3,melemah,1,Memantau traffic dengan Sitemeter,1,Membandingkan Galaxy S III dengan iPhone 4S dan HTC One X,1,membesarkan,1,membuat,2,Membuat password yang benar,1,Membuat radio online sendiri,5,memegang,1,Memilih Kata Kunci Yang Berhasil Didalam Google AdWords,1,Memimpin,1,Mempelajari Organisasi,5,mempertahankan,2,memulai,1,Memulai dari bawah,5,Memulai Pemrograman Android,1,Memulai Usaha Kuliner,5,Menambah Repo Tim Burgess Di Clearos,5,Mencegah Facebook kena hack,1,mendoakan,2,Mengamankan,1,Mengapa Ummat Islam Mundur dan Ummat Selain Islam Maju,2,Mengelola Qalbu Dari Qalbu Menuju Profesionalisme,5,Mengenal,2,Mengenal Pemrograman Python,1,mengendalikan,1,Menghadapi,1,menghitung,1,Menghitung Keuntungan Ekonomi Cloud Computing,5,Menghormati Jenazah Orang Mati,5,Mengidap Pluralisme Agama Pertanda Rusak Akalnya,5,menguat,1,Meningkatkan kemanan ClearOS Server,5,Menjalankan Power Point 2007 di LINUX,1,menulis,1,Menulis Artikel yang baik menurut SEO,1,menyakiti,1,menyamping,1,Menyelesaikan,1,Menyikapi Ajakan Kemusyrikan Obama di Istiqlal,5,merah,1,Merawat Baterai Laptop,1,merge,1,Merintis,2,merokok,2,messages,1,Messenger Chat multi account,5,metrotv,2,Mewaspadai,2,microsoft,2,microsoft powerpoint,1,Migrasi ke Linux Thailand Sukses Kurangi Ketergantungan Pada Microsoft,4,miliar,3,Mintalah didoakan oleh ibu,5,minyak,1,Mix,36,mlm,1,model,1,Monit Aplikasi Linux Untuk Menjaga Service Server Tetap Jalan,4,Moodle,2,moral,1,Moral Quotient,1,motivasi,6,motor,1,mountain,1,MQ,1,MR,1,MU,1,Muamalah,2,muCommander Aplikasi Alternatif pengganti WinSCP di Linux,5,mudik,1,Muhasabah Cinta,5,MUI,2,Multi User,1,multimedia,5,multiply,1,munafik,1,muslim,3,muslimah,3,mut'ah,6,mutiah,2,Nabi,2,naik,1,narkoba,1,negeri,1,Neraka,1,Nessus Remote Security Scanner,1,NetStumbler,1,network,4,never,1,nikah,5,Nikah Siri dan Nikah Mut ah,5,Nikola Tesla,2,nilai,1,NMAP,1,Nobel,1,NST,1,ntfs,1,Nuh,1,nutirsi,1,OB,1,Objectives,1,Office Tools,2,OJS,5,olahan,1,omar,1,online,1,Opacity,1,open,1,Open Journal System,5,Open Journal Systems,1,Open Source,12,opensource,8,OpenSSL,1,Optimalisasi,1,Optimasi Blog Baru,1,Orang,7,Orang Bodoh Vs Orang Pinter,6,ORANG ISLAM WAJIB BERUSAHA MENJADI KAYA,5,organisasi,3,organisasional,1,Otak kanan,1,Otak kiri,1,Pacemaker,1,padalarang,4,pagerank,4,Panduan,2,Panduan untuk Pengelola Jurnal,1,Panel,1,Panel Hosting,1,Panel Hosting Full,1,paradigma,1,Partisipasi Pegawai STISI Telkom Dalam Blog Institusi,5,path,1,pegawai,2,pekarangan,1,Pekerjaan,1,Pekerjaan Rumah untuk SiX it any list customer,5,Pelaku,1,Pelatihan,5,pemanasan,1,pembersih,1,pemeringkatan,4,Pemeringkatan Institusi,21,pemerintah,2,pemimpin,8,Penambahan Nilai Barang Inventaris,5,pencari,1,Penciptaan Manusia,5,Pendidikan,5,pendidikkan,4,pendiri,1,Pengalaman,1,Pengambilan Nama dan artinya Davian Sammy Alfarizqi bin Hilfan Soeltansyah,5,pengantin,2,pengelola,1,pengelolaan,1,Pengembangan Aplikasi Human Resources Development dan Payroll,1,pengendalian,1,Pengetahuan dasar Hosting,5,penghuni,2,penguasa,1,Penjaminan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia,5,pensiun,1,pentest,1,penting,1,penutup,1,Penyimpangan,2,Peralatan Uji Jaringan Komputer,5,perangkat,2,Perawatan Sistem dan Jaringan Komputer,5,Perbandingan Hasil Perolehan Webometrics YPT Group 26 Maret 2012,2,Percantik Desktop Ubuntu dengan Conky,1,perempuan,5,performance,1,perkembangan,1,perluasan,1,perpus,1,perpustakaan,5,Perpustakaan Digital dan Pengelolaanya,5,Perspective,1,Pertama,1,Perubahan Pengelolaan Nama Domain,5,pesimis,1,php,2,phpdom,1,phyton,1,pijar,1,pilih,1,Pinter,5,Pirate Bay,1,plasma,2,PLTN Why Not,5,pluralisme,1,pluralitas,1,pohon,1,ponzi,1,Port,1,posisi,1,powerpoint,1,presentasi,1,Presentation,1,prezi,1,Pria Menikah Lebih Mapan dari Pria Lajang,5,Program Python,1,Project Management,1,Proposal,5,Proposal Pelatihan Blog STISI Telkom,5,Proxy,2,PS4,1,puasa,3,purba,1,QS Stars,1,qualities,3,Racun,1,radius,1,rahasia,1,Rahasia Menjadi Pengusaha,5,Rajin,1,ramadhal,1,Ramuan ajaib jadi kaya,5,ranking,4,reason,1,reboisasi,1,recovery,1,REDD,1,redhat,4,RedHat Family,8,redirect,1,registrasi,1,Related,1,remarkable,2,rensis likert,1,reports,6,repositories,8,repository,13,resapan,2,RGBA,1,Ridwan Kamil,1,Ridzki Setelah Nikah,5,Rinso,4,Risma,1,Riung Gede Permai,5,ROKET AIR,1,rokok,2,rosul,1,rosululloh,1,router,4,rss,18,rumah,2,rumah kaca,1,rupiah,4,Said Bin Amir,1,sains,2,Sales Amatir VS Sales Professional,1,sampah,4,samping,1,Sandrina Malakiano,2,sayur,2,Sby,1,Scimago Institution Ranking SIR 2011,2,Scimago Institution Ranking SIR Indicator,1,SCImago Journal amp; Country Rank,1,Search,2,Search Enggine,1,Search Engine,2,Sebelum Terlambat Jalankan Wirausaha Walaupun Anda Seorang Karyawan,5,security,1,sedekah,1,sejarah,1,sejati,5,sekolah,1,seks,1,Selama Kekayaan Alam Dirampok Asing Indonesia Akan Terus Miskin,2,Selasa,1,seni,1,SEO,13,Seo Woothy,1,SEO-Friendly,1,Sepenggal Kisah Bung Karno pasca huru hara 1965,5,Seputar,1,serapah,1,serial,1,SERP,1,server,1,session,1,Setting ClearOS untuk warnet yang menggunakan Microsoft Windows,5,Setting grub fedora agar kembali ke ubuntu,5,shahih,2,shalat,3,Sholat,1,Sholat Tasbih,2,shuttle,1,Sikap Amerika,5,Simbol Dua Jari untuk Swear Sumpah,5,Simpan Data Gratis di Internet,5,Sisanya Outsource-kan saja,1,SISFO STISI Telkom (SISITI),87,SISTEM,2,Site,1,SiteMap,1,situs,1,smart way,4,Smartphone,1,SMS,1,social networking,1,software,5,Software Akuntansi Laporan Keuangan,1,Software Open Source Bisa Hemat Miliaran Rupiah,5,Solar,2,source,1,sozi,1,Spiritual,1,Spiritual Quotient,1,SQ,1,SSD,1,status,1,Steam Machine,1,SteamOS,1,STISI,10,STISI Telkom,10,strategi,2,Strategi Fungsional,1,Strategi Marketing,5,Strategi Memasarkan Produk,5,Strategi Pengembangan dan Implementasi e Learning di Perguruan Tinggi,5,Studi,1,Style,1,Subdirectory,1,Subdomain,1,submission,12,Subnetting,5,success,1,suci,2,sukses,5,sumpah,1,Sumur,2,sungai,8,SuperScan,1,Surabaya,1,Surat terbuka kepada para pendidik bidang TI Indonesia ( by I Made Wiryana ),5,surga,6,syariah,5,syiah,3,syirik,1,Syrian,1,Tabir Pernikahan,5,Tag,1,takakura,3,tanda,1,tanpa,2,Tanya,1,tarawih,1,Tata Cara Shalat Gerhana,5,tato,1,tcp,1,Technology,1,teknologi,2,Tel-U,1,Televisi,1,Telkom,11,Template,1,tenang,2,Tentang IndonesiaTanpaJIL dari Ichanx,1,Tenyata nasi berbahaya untuk kesehatan,5,teori,3,terakhir,1,Terbaik,1,tercinta,2,terima,1,terkotor,4,terlarang,2,Term of Reference,1,terminal,5,Terpenting,1,tertua,1,Tesla,1,the best free and opensource games of the Linux land,5,The Dude aplikasi untuk monitoring jaringan,5,The Holistic Character Workshop Program,1,Think Big,1,Thomas Alfa Edison,1,tidur,2,TIK,51,tinggi,1,tipologi,1,Tips Memilih Hosting,5,Tips Mencari Backlink,1,TKJ,68,TKW,1,tolak,1,tools,6,TOR,1,tpcc,1,traffic,2,training,6,transaksional,1,transformasional,1,transparansi,4,Transparent,1,transported,1,Truck,1,tubuh,1,tukang,1,tumbal,1,turun,1,tv,2,twitter,1,Twitter Bisa Menginformasikan Email Anda Kepada Spammer,5,Uang Kertas Biang Krisis Ekonomi,1,ubuntu,14,Ubuntu Family,13,udp,1,UEFI Secure Boot Impact on Linux,5,ugm,1,Ulil Fatwa dan Ahmadiyah,5,umar,1,unik,1,Unit Pengelola Pemeringkat Institusi,1,unix,1,url,6,Usability,1,vektor,2,Venus VT18 on Ubuntu,1,video,2,virtual host,1,virus,1,visioner,1,vitamin,1,VP,1,VPN Komunikasi Data Pribadi Tanpa Batas,5,walau Aku Ingat Ultahmu,5,wanita,7,warna,4,warni,4,watak,1,web,15,webbased,1,WebConfig,1,webmaster,4,Webometric bulan juni 2012 STISI Telkom,1,Webometrics,14,Webometrics STISI Telkom,5,Website,26,Week,2,What is Open Source,1,WIG,1,Wildly Important Goals,1,windows,1,Wireshark,1,WiseMapping,1,wizard,1,WMD,5,woorank,3,Wordpress,4,work,1,works,1,World Wide Web,101,Worldwide,1,WPAD,1,Xbox One,1,Yahoo,1,yahudi,2,yourself,1,Yugoslavia,1,zakat,3,zina,2,zorin,1,
ltr
item
just-shared: Mengapa Sampah Harus Dikelola
Mengapa Sampah Harus Dikelola
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjK2ilpiGTvHbUGF0mn-G7XJ8ToDv2Y0qXcVRnw5p_GDJPJymETyPJKBanVycktLtHzHGX2FzBDBIPdCCzD04xSKKFpjR5FRBMm3Lze2t3ZBGTqszLPZozj56mGOxZtDLitWXMmyj_Pfol3/s200/Membuat+Kompos-2+%252865%2529.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjK2ilpiGTvHbUGF0mn-G7XJ8ToDv2Y0qXcVRnw5p_GDJPJymETyPJKBanVycktLtHzHGX2FzBDBIPdCCzD04xSKKFpjR5FRBMm3Lze2t3ZBGTqszLPZozj56mGOxZtDLitWXMmyj_Pfol3/s72-c/Membuat+Kompos-2+%252865%2529.JPG
just-shared
https://hilfan-s.blogspot.com/2012/08/mengapa-sampah-harus-dikelola.html
https://hilfan-s.blogspot.com/
https://hilfan-s.blogspot.com/
https://hilfan-s.blogspot.com/2012/08/mengapa-sampah-harus-dikelola.html
true
2761220624207978978
UTF-8
Keluarkan semua artikel Tidak ditemukan artikel apapun LIHAT SEMUA Berikutnya Balas Tidak jadi balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATEGORI ARSIP CARI BERITA SEMUA BERITA Artikel Tidak Ditemukan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy