Sunday, February 10, 2013

Panen Di Kebun Hikmah Ramadhan 1433 Hijriyah

Relevansi Antara Nuzulul Qur'an dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia


Sumber : Buletin Dakwah Al Waasit

 

Firman Allah SWT., artinya :
(Beberapa hari yang diturunkan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan bathil), karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (dinegeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa di bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu, dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (Terjemahan QS. Al-Baqarah : 185)

Puji syukur alhamdulillah. Pada bulan suci ramadhan 1433 Hijriyah bertepatan dengan sejarah adanya peristiwa penting di bulan agustus. Terdapat keterkaitan (relevansi) berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang penuh dengan hikmah dan pelajaran bagi ummat Islam, terlebih bagi umat Islam bangsa Indonesia yang terjadi di bulan suci ramadhan. Diantaranya adalah relevansi antara Nuzulul Qur'an dan hari kemerdekaan RI.

Sebagaimana kita ketahui bahwa hari ke-17 di bulan ramadhan dikenal, diyakini dan dirayakan oleh sebagian umat Islam dengan peringatan Nuzulul Quran (hari diturunkannya Al-Quran). Sementara tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari proklamasi kemerdekaan RI yang pada tahun 2012 jatuh pada hari ke 28 Ramadhan.

Al-quran merupakan firman Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. sebagai pedoman bagi manusia dalam menata kehidupan demi mencapai kebahagiaan lahir dan batin, baik dunia maupun akhirat. Dalam konsep yang dibawa alquran selalu relevan dengan problem yang dihadapi manusia, karena itu ia turun untuk mengajak manusia berdialog dengan penafsiran sekaligus memberikan solusi terhadap problematikan tersebut dimanapun mereka berada.

 

 

 

Panen Di Kebun Hikmah Ramadhan 1433 Hijriyah
Post a Comment