Lisensi Creative Commons (CC)


Organisasi Non Profit Creative Commons telah memfasilitasi enam jenis lisensi yang memungkinkan artis atau musisi memberikan ijin kepada siapapun untuk menggunakan musik mereka yang dilindungi oleh hak cipta dengan cara/kondisi tertentu sesuai dengan pilihan pemberi ijin (pencipta lagu/musik). Berikut ini pilihan empat kondisi yang berlaku:

• CC “No Derivatives (ND)”

Lisensi ini memberikan ijin kepada pengguna untuk berbagi lagu, namun selama mereka tidak memodifikasi untuk membuat suatu musik yang baru. Artinya kamu dapat berbagi track lagu, namun kamu tidak diijinkan memodifikasi atau menaruhnya dalam karya video kamu.

• CC “Non-Commercial (NC)”

Lisensi ini adalah yang paling banyak digunakan dari lisensi CC yang memberikan ijin bagi siapa saja untuk memodifikasi dan menggunakan musik (termasuk video) dengan syarat tidak menjual kembali hasil karya yang telah dimodifikasi (non komersial) dan harus mematuhi kondisi lainnya yang diberikan (memberikan kredit bagi artis pencipta lagu).
Aturan menggunakan lisensi ini adalah:
  1. Pengguna harus memberikan kredit kepada artis pencipta lagu
  2. Pengguna tidak diijinkan untuk menjual kembali hasil karya yang telah dimodifikasi.

• CC “Attribution (BY)”

Lisensi ini merupakan yang paling bebas dari semua lisensi berlabel CC, dimana pencipta lagu/musik memberikan ijin kepada siapapun untuk memodifikasi, menggunakan kembali lagu/musik termasuk dalam video. Tanpa kondisi NC, lisensi ini memberikan kebebasan untuk penggunaan komersial, misalnya menjual kembali atau memasang iklan di Youtube dengan ketentuan memberikan kredit yang jelas bagi musisi pencipta sama halnya dengan aturan lisensi BY-SA

Memberikan Kredit (Credit) Kepada Pencipta Lagu
Tidak ada aturan teknis secara baku dalam penempatan pemberian kredit bagi musisi. Beberapa orang menempatkan di akhir video, menempatkan pada sidebar dan juga ada yang menempatkannya pada text.

• CC “Share Alike (SA)”

Lisensi ini mengijinkan orang lain untuk menggunakan karya lagu/musik sama persis (identik) dengan lisensi yang diberikan karya aslinya. Tidak ada aturan teknis yang baku untuk penempatan informasi lisensi, namun pengguna harus membuatnya tampak jelas bagi penonton video.

Dari keempat kondisi CC diatas, terdapat enam belas kemungkinan kombinasi. Namun hanya terdapat enam lisensi yang umum digunakan, yaitu:
  1. Attribution (BY): Pencipta (termasuk pemberi lisensi) diberi kredit
  2. Attribution Non Commercial (BY-NC): Pencipta diberikan kredit dan hanya untuk tujuan nonkomersial saja
  3. Attribution Non Derivatives (BY-ND): Pencipta diberi kredit dan pengguna tidak boleh memodifikasi karya
  4. Attribution Share Alike (BY-SA): Pencipta diberi kredit dan karya diberikan lisensi yang sama persis (identik)
  5. Attribution Non Commercial Non Derivatives (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit, karya tidak boleh dimodifikasi dan hanya untuk tujuan nonkomersial.
  6. Atrribution Non Commercial Share Alike (BY-NC-SA): Pencipta diberi kredit dan boleh digunakan dengan lisensi yang serupa yang diijinkan oleh pencipta serta untuk tujuan nonkomersial saja.

Tabel Penjelasan Lisensi Creative Commons (klik untuk memperbesar)

lisensi creative commons hak cipta 1

Public Domain

Lisensi ini adalah yang paling bebas dari keseluruhan lisensi yang telah dibahas. Public Domain adalah sebuah karya yang sebelumnya dilindungi oleh hak cipta, namun karena pemegang hak cipta memutuskan untuk tidak memperpanjang perlindungan hak cipta, karyanya menjadi milik umum. Dalam kasus tertentu Lisensi Public Domain dapat diberikan kepada sebuah karya seni yang tidak jelas asal usul sang pencipta. Artinya dengan lisensi ini kamu dapat menggunakan lagu/musik sesuka hati.

Berikut ini adalah rekomendasi situs lagu/musik dengan lisensi creative commons yang dapat kamu kunjungi:
Catatan: Lisensi BY-NC-SA adalah pilihan lisensi standar yang ditawarkan kepada artis di situs Jamendo dan BY-NC merupakan lisensi default pada situs Wacca.

Situs rekomendasi project wikipedia yang dapat kamu kunjungi:

Untuk mencari lagu/musik berlisensi public domain kamu dapat mengunjungi situs berikut:


         

Sumber: https://www.osrepublik.com/menghindari-pelanggaran-hak-cipta-musik-pada-video-yang-diunggah-di-youtube/
0