Tuesday, January 3, 2017

Apa Itu Webinar

Teknologi Seminar Tanpa Tatap Muka


Dengan makin berkembangnya #teknologi internet, kini semakin banyak juga tugas manusia yang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Mulai hal sederhana seperti berkirim file hingga jual beli semua terbantu dengan adanya internet. Semua hal tersebut tak terlepas dari sifat internet yang mampu menghubungkan antar manusia meski terpisah jarak yang jauh. Dengan mudahnya komunikasi via internet antar manusia, maka semakin mudah pula kita mengerjakan berbagai pekerjaan.
Contoh lain dari fungsi internet yakni adanya fasilitas Webinar. Secara sederhana Webinar adalah teknologi yang memungkinkan manusia untuk mengadakan sebuah seminar dalam sebuah kelompok tanpa harus bertatap muka satu sama lain. Semua prosesnya dijalankan via internet sehingga batasan jarakpun tidak akan menjadi hambatan.
Lebih lanjut mengenai apa itu webinar dan bagaimana hal ini dijalankan telah kami rangkum dalam ulasan berikut ini.

Webinar – Teknologi Seminar Online

Sebelum membahas lebih dalam, kita mulai dari defisini webinar. Webinar sebenarnya merupakan singkatan dari dua kata yakni Web dan Seminar, disingkat menjadi webinar. Nah yang dimaksud dengan web adalah jaringan #internet atau penggunaan teknologi internet. Sedangkan seminar, tentu semua sudah faham yakni pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan tujuan tertentu. Jadi Webinar dapat diartikan sebuah kegiatan pertemuan antar sekelompok orang yang dijalankan dengan bantuan koneksi internet.
Mengenai mekanisme webinar, seperti yang dijelaskan dari laman Wikipedia, layaknya semua seminar atau pertemuan pada umumnya tentu dibutuhkan ruang khusus. Yang membedakan adalah ruang seminar konvensional kini dirubah menjadi sarana digital yakni sebuah software atau layanan webinar. Setelah itu, setiap anggota yang ingin bergabung dengan webinar tersebut masuk pada jaringan webinar tersebut melalui perangkat onlinenya masing-masing. Dari sini setiap anggota webinar baik presentator maupun peserta akan mendapat output tidak hanya audio / suara namun juga visual tiap anggota. Semua ditampilkan dan dihubungkan oleh perangkat yang didukung koneksi internet.
Selanjutnya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah Webinar? Tidak seperti seminar offline yang membutuhkan banyak keperluan untuk menyelenggarakannnya, Webinar hanya memerlukan 2 hal wajib yakni koneksi internet dan perangkat #komputer. Namun untuk menjalankannya, kualitas 2 hal tersebut harus sangat diperhatikan. Koneksi internet yang digunakan sebaiknya menggunakan internet broadband yang lebih stabil dan berkecepatan tinggi.
Ini sangat penting karena pada dasarnya webinar berjalan seperti online streaming yang membutuhkan kecepatan akses yang tinggi. Jika tidak, sudah barang pasti komunikasi selama webinar akan berjalan tidak maksimal seperti gambar tersendat serta suara patah-patah. Selain itu kualitas perangkat komputer yang digunakan juga harus diperhatikan, penggunaan perangkat audio seperti speaker, proyektor (jika menggunakan), serta performa mesin komputer harus memiliki spesifikasi yang cukup tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Webinar

Sebagai sarana komunikasi kelompok, webinar memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan seminar atau pertemuan secara langsung. Beberapa diantaranya yakni,
A. Kelebihan :
  • Minim tempat karena bisa dilakukan secara individu dari berbagai tempat berbeda
  • Biaya yang relative lebih minim jika dibandingkan seminar langsung
  • Mengurangi tekanan presentasi karena kita tidak bertatap langsung dengan anggota lain
B. Kekurangan :
  • Sulit dijalankan jika berada di tempat dengan koneksi internet minim
  • Kurang adanya keterjalinan antar anggota
  • Resiko gangguan pertemuan jika terjadi masalah pada koneksi internet atau perangkat komputer secara tiba-tiba
Konsep webinar memang menjadi pilihan solutif untuk keperluan pertemuan di era digital seperti saat ini. Dimana banyak orang tidak selalu bisa berada disuatu tempat serta keterbatasan waktu, pertemuan via online bisa dilakukan. Namun jika dalam waktu dekat rekan-rekan ada yang berniat menyelenggaran sebuah webinar entah untuk memperkenalkan usaha atau membicarakan sebuah topik bisnis online, ada baiknya menyiapkannya terlebih dahulu. Hal-hal kecil seperti mengabarkan jadwal webinar dari jauh hari, serta menyiapkan metode komunikasi webinar harus diperhatikan terlebih dahulu.
Post a Comment