Friday, December 30, 2016

Lisensi Creative Commons (CC)


Organisasi Non Profit Creative Commons telah memfasilitasi enam jenis lisensi yang memungkinkan artis atau musisi memberikan ijin kepada siapapun untuk menggunakan musik mereka yang dilindungi oleh hak cipta dengan cara/kondisi tertentu sesuai dengan pilihan pemberi ijin (pencipta lagu/musik). Berikut ini pilihan empat kondisi yang berlaku:

• CC “No Derivatives (ND)”

Lisensi ini memberikan ijin kepada pengguna untuk berbagi lagu, namun selama mereka tidak memodifikasi untuk membuat suatu musik yang baru. Artinya kamu dapat berbagi track lagu, namun kamu tidak diijinkan memodifikasi atau menaruhnya dalam karya video kamu.

• CC “Non-Commercial (NC)”

Lisensi ini adalah yang paling banyak digunakan dari lisensi CC yang memberikan ijin bagi siapa saja untuk memodifikasi dan menggunakan musik (termasuk video) dengan syarat tidak menjual kembali hasil karya yang telah dimodifikasi (non komersial) dan harus mematuhi kondisi lainnya yang diberikan (memberikan kredit bagi artis pencipta lagu).
Aturan menggunakan lisensi ini adalah:
  1. Pengguna harus memberikan kredit kepada artis pencipta lagu
  2. Pengguna tidak diijinkan untuk menjual kembali hasil karya yang telah dimodifikasi.

• CC “Attribution (BY)”

Lisensi ini merupakan yang paling bebas dari semua lisensi berlabel CC, dimana pencipta lagu/musik memberikan ijin kepada siapapun untuk memodifikasi, menggunakan kembali lagu/musik termasuk dalam video. Tanpa kondisi NC, lisensi ini memberikan kebebasan untuk penggunaan komersial, misalnya menjual kembali atau memasang iklan di Youtube dengan ketentuan memberikan kredit yang jelas bagi musisi pencipta sama halnya dengan aturan lisensi BY-SA

Memberikan Kredit (Credit) Kepada Pencipta Lagu
Tidak ada aturan teknis secara baku dalam penempatan pemberian kredit bagi musisi. Beberapa orang menempatkan di akhir video, menempatkan pada sidebar dan juga ada yang menempatkannya pada text.

• CC “Share Alike (SA)”

Lisensi ini mengijinkan orang lain untuk menggunakan karya lagu/musik sama persis (identik) dengan lisensi yang diberikan karya aslinya. Tidak ada aturan teknis yang baku untuk penempatan informasi lisensi, namun pengguna harus membuatnya tampak jelas bagi penonton video.

Dari keempat kondisi CC diatas, terdapat enam belas kemungkinan kombinasi. Namun hanya terdapat enam lisensi yang umum digunakan, yaitu:
  1. Attribution (BY): Pencipta (termasuk pemberi lisensi) diberi kredit
  2. Attribution Non Commercial (BY-NC): Pencipta diberikan kredit dan hanya untuk tujuan nonkomersial saja
  3. Attribution Non Derivatives (BY-ND): Pencipta diberi kredit dan pengguna tidak boleh memodifikasi karya
  4. Attribution Share Alike (BY-SA): Pencipta diberi kredit dan karya diberikan lisensi yang sama persis (identik)
  5. Attribution Non Commercial Non Derivatives (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit, karya tidak boleh dimodifikasi dan hanya untuk tujuan nonkomersial.
  6. Atrribution Non Commercial Share Alike (BY-NC-SA): Pencipta diberi kredit dan boleh digunakan dengan lisensi yang serupa yang diijinkan oleh pencipta serta untuk tujuan nonkomersial saja.

Tabel Penjelasan Lisensi Creative Commons (klik untuk memperbesar)

lisensi creative commons hak cipta 1

Public Domain

Lisensi ini adalah yang paling bebas dari keseluruhan lisensi yang telah dibahas. Public Domain adalah sebuah karya yang sebelumnya dilindungi oleh hak cipta, namun karena pemegang hak cipta memutuskan untuk tidak memperpanjang perlindungan hak cipta, karyanya menjadi milik umum. Dalam kasus tertentu Lisensi Public Domain dapat diberikan kepada sebuah karya seni yang tidak jelas asal usul sang pencipta. Artinya dengan lisensi ini kamu dapat menggunakan lagu/musik sesuka hati.

Berikut ini adalah rekomendasi situs lagu/musik dengan lisensi creative commons yang dapat kamu kunjungi:
Catatan: Lisensi BY-NC-SA adalah pilihan lisensi standar yang ditawarkan kepada artis di situs Jamendo dan BY-NC merupakan lisensi default pada situs Wacca.

Situs rekomendasi project wikipedia yang dapat kamu kunjungi:

Untuk mencari lagu/musik berlisensi public domain kamu dapat mengunjungi situs berikut:


         

Sumber: https://www.osrepublik.com/menghindari-pelanggaran-hak-cipta-musik-pada-video-yang-diunggah-di-youtube/

Thursday, December 29, 2016

Nama makanan yang mengandung babi


Tulisan ini diperuntukan bagi saudara-saudara muslimku yang ingin menghindari makanan yang mengandung babi. Saya sendiri sebetulnya sempat beberapa kali kecele order makanan yang mengandung babi. Pernah waktu itu mendekati sebuah kaki lima yang jualan nasi goreng, dari spanduk kaki limanya cuma ada tulisan nasi goreng, tidak ada emblem babi, saya lihat dari jauh yang jualan bapak ibu sudah tua, dan si ibu pakai penutup rambut, kain yang diuntel-untel kaya nenek-nenek di desa habis mandi. Saya masih berpikiran itu kerudung, kayanya yang jualan muslim. Saya dekatin lalu bilang "bu nasi goreng 2 ya" kebetulan saya sama istri, dan istri saya berjilbab. Si ibu dengan mukan heran, lalu berkata "ini babi den...", saya dengan heran dan malu... "oh babi... ya udah ngga jadi..." leos indit..." Beberapa kali juga di bali, di resto-resto, karena ngga ada kandungannya, saya pesan ini itu, eh pas ada temen yang ngerti, baru dia ngasih tau kalau itu babi, sedangkan makanan sudah dihidangkan, akhirnya cuma bisa bayar tanpa memakannya. Dulu pernah juga waktu belum ngerti makan big burger di bandara luar negri... eh ternyata sebulan kemudian baru tahu kalau itu babi... hadeuhhh.... Yang paling update di salah satu swalayan, hampir aja beli bumbu masakan mengandung babi, baca isi kandungan, lalu menengadah keatas, zong... ternyata zona babi... hehehehe..., masih bagus kalau di swalayan besar biasanya ada pengumuman mengandung babi...  

Pork

Crispy Pork Belly Sambal Matah

Photo source: bago.jakarta

Istilah yang pertama dan paling banyak ditemui adalah pork, kayak nama menu dari Bago Jakarta, yaitu Crispy Pork Belly Sambal Matah. Dari namanya aja sudah keliatan kan guys kalau menu makanan ini mengandung daging babi.

Swine

Swine

Photo source: natdonuts.blogspot.com

Swine adalah sebutan untuk daging babi dari semua jenis babi yang ada. Salah satu restoran yang punya menu Swine adalah H Gourmet & Vibes. Jangan sampai salah pesan ya guys!

Bacon

Bacon

Photo source: www.culinarybonanza.com

Meskipun bacon juga bisa dipakai untuk daging sapi yang dikeringkan atau diasap, tapi sebagian besar orang menyebut bacon sebagai sebutan daging babi yang diasap atau dikeringkan. Kayak menu yang ada di St.Ali Jakarta yaitu Waffles with Bacon & Maple Syrup contohnya. Menu ini adalah menu waffle yang diatasnya diberi irisan bacon babi.

Char Siu

Char Siu

Photo source: @y0ungmango

Char siu adalah daging babi yang dimasak merah, atau biasanya juga dipakai untuk menu barbeque. Makanya, kalau nemu menu yang ada istilah char siu-nya, berarti makanan itu mengandung daging babi.

Cu Nyuk

Cu Nyuk Bubur Babi

Photo source: @anak__kucing

Kalau Cu Nyuk adalah daging babi yang biasanya banyak ditemukan dalam masakan seperti bubur atau siomay. Jangan sampai salah pesan dan salah makan ya!

Yakibuta

Yakibuta

Photo source: @bee.jay.jarin

Sajian dari daging babi hampir mirip dengan char siu dan biasanya dijadikan topping ramen.

Dwaeji

Dwaeji

Photo source: @xvrlum

Dwaeji adalah sebutan daging babi dalam bahasa Korea. Biasanya banyak ditemukan dalam menu bulgogi atau galb. Siapa yang suka makan makanan Korea? Jangan sampai salah pesan nih ya…

Tonkotsu

Tonkotsu

Photo source: @chiffon_quilt

Tonkkotsu adalah sajian dari irisan daging babi yang digoreng pakai tepung panir sampai crispy. Atau biasanya juga ditemukan sebagai topping ramen.

Nasi Goreng Merah

Nasi Goreng Merah

Photo source: www.perutgendut.com

Meskipun namanya ngga ada unsur babi sama sekali, tapi kamu harus waspada kalau nemuin menu Nasi Goreng Merah yang ada di RM. Irtim Makassar karena nasi goreng merah ini mengandung potongan daging babi lho!
Sebenarnya masih banyak banget istilah makanan yang mengandung babi kayak lard, B2, rou, nibuta, ham, hog, Nasi Goreng Lap Chong/Lap chiong, dan berbagai istilah lainnya yang harus kamu pahami biar ngga salah pesan.
  Sumber : https://www.qraved.com/journal/people/berikut-ini-istilah-makanan-mengandung-daging-babi-yang-harus-kamu-ketahui

Friday, March 11, 2016

Akhir Kehidupan Khalifah Terakhir

Pada suatu malam di tengah malam yang suntuk, secerca cahaya memancar dari perpustakaan di Istana Dolmabahce. Seorang tua duduk tenang dan membaca Al-Qur'an, merenungkan keadaan umatnya (yaitu kaum Muslim). Namanya Abdul Majid II dan dia adalah Khalifah Islam ke-101.

Dua tahun sebelumnya, sepupunya Sultan Muhammad VI telah diasingkan ke Italia (di mana ia kemudian mati kelaparan) dan Kesultanan Utsmani telah ditekan oleh Majelis Nasional Agung Turki di bawah pimpinan Mustafa Kemal. Kekuatan nasionalis Turki akhirnya membawa Utsmani pada akhir sejarahnya, namun mereka ragu bisa menghapuskan kekhalifahan secara langsung, karena khawatir akan reaksi besar yang akan terjadi.
Mereka memulai kampanye dengan kekerasan dan intimidasi untuk memastikan bahwa semua orang yang mendukung Khalifah telah disingkirkan. Akhirnya, pada malam 3 Maret 1924, mereka memulai langkah bejatnya. Seorang utusan tentara muda membuka pintu perpustakaan. Khalifah terus membaca Al-Qur'an. utusan tersebut awalnya terkejut oleh pemandangan itu, tapi ia memaksa dirinya membacakan proklamasi dari Majelis Nasional Agung Turki.
Khalifah pun menolak meninggalkan Istanbul, tapi orang terdekatnya khawatir bahwa mereka semua akan dibunuh oleh tentara yang sekarang mengepung istana dan menangkap dia beserta keluarganya, termasuk perempuan dan anak-anak semua di bawah todongan senjata. Setelah menimbang beberapa pilihan yang ia miliki, dengan berat hati ia mengemas beberapa pakaian dan pergi ke pengasingan.
Sebelum Subuh, Khalifah dibawa ke stasiun kereta api utama di bawah todongan senjata di mana ia dan keluarganya ditempatkan di Orient Express menuju Swiss. Amplop berisi £ 2000 diberikan kepada orang yang meninggalkan seluruh istana penuh berlian, zamrud dan emas. Kepala stasiun bergegas membawa Khalifah dan keluarganya ke rumah yang kecil di sebelah stasiun kereta api untuk melindungi mereka dari dinginnya peron sementara mereka menunggu kereta yang akan mengantarkan mereka dalam perjalanan yang menyedihkan itu.
Saat meminum teh yang disuguhkan, Khalifah mengucapkan terima kasih atas keramahannya. Kepala stasiun, yang merupakan seorang Yahudi, mulai menangis. "Bagaimana Anda dapat berterima kasih padaku?" Tanyanya, terutama mengetahui bahwa itu adalah khalifah Islam yang telah menjamin kehidupan dan martabat orang-orang Yahudi setiap kali mereka dianiaya di tempat lain di dunia (misalnya Spanyol). Sebaliknya, ia mengucapkan terima kasih kepada Khalifah atas kesempatan yang sangat terhormat baginya karena bisa menjamu Khalifah walau hanya sebentar.
Di pagi hari, umat Islam terbangun dan mendengar berita yang sulit untuk mereka percayai sebelumnya bahwa Khilafah telah dihapuskan. Ada kerusuhan, demonstrasi dan pemberontakan di berbagai tempat, tapi tentara segera menghadapi semuanya dengan keras.
Khalifah terakhir menghabiskan hari-harinya berjalan di sepanjang geladak di Paris, Prancis. Di sana, ia menjalani kehidupan yang sederhana sampai ia meninggal pada tahun 1944 selama pendudukan Nazi di Perancis. Tidak pernah ada Khalifah yang dikubur di tanah non-Muslim, tubuh Abdul Majid II pun akhirnya diangkut dan dimakamkan di Jannah Al-Baqi pemakaman di Madinah al-Munawwarah.
Di akhir hidup sang Khalifah maka disitu jugalah bersamaan berakhirnya kesatuan politik dan spiritual di negeri-negeri Muslim masa kini dan Timur Tengah khususnya. Mereka kehilangan persatuan, perdamaian dan kemakmuran yang pernah dimiliki sebelumnya.[]
Sumber: Ottoman Imperial Archives

Di copy dari: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1528723337423801&set=a.1390734261222710.1073741828.100008584485804&type=3&theater

Monday, November 2, 2015

KISAH SHALAHUDDIN AL-AYYUBI Memilih untuk Menghadapi Syi'ah terlebih dahulu sebelum membebaskan Palestina




Jika ada yang bertanya: Kenapa Saudi beserta koalisinya justru menyerang Yaman dan tidak mengarahkan pesawat-pesawatnya untuk membebaskan Palestina?
Maka jawabannya adalah KISAH SHALAHUDDIN AL-AYYUBI berikut ini: Ketika Shalahuddin al-Ayyubi memutuskan untuk menghancurkan kaum Syiah Rafidhah dan Daulah al-‘Ubaidiyyah di Mesir, ada bertanya: “Mengapa Anda memerangi kaum Syiah Rafidhah dan Daulah al-‘Ubaidiyyah di Mesir, tapi membiarkan kaum Romawi Salibis (Kristen) menguasai Baitul Maqdis dan wilayah Palestina?”
Beliau menjawab: “Aku tidak akan memerangi kaum Salibis lalu membiarkan ‘punggung’ku tersingkap di hadapan kaum Syiah!” Maka beliau pun membasmi Daulah al-‘Ubaidiyah di Mesir, Maghrib dan Syam. Setelah itu, beliau pun memimpin penaklukan kembali Baitul Maqdis dan membersihkan Masjid al-Aqsha dari kenistaan kaum Salibis.
(Lihat: al-Bidayah wa al-Nihayah oleh Ibnu Katsir, berdasarkan status Syekh Abdullah al-Ramadhany)



Friday, October 30, 2015

Golongan Manusia yang Dilindungi Allah

Sumber: http://mapionline.com/kata-ust-aam/tujuh-golongan-yang-dilindungi-allah.html

Tujuh Golongan yang Dilindungi Allah



TANYA :
Saya pernah mendengar seorang penceramah menjelaskan tujuh golongan yang akan dilindungi Allah Swt. pada hari kiamat. Namun penceramah tersebut tidak membacakan hadisnya. Saya mohon ustadz menuliskan hadisnya dan memberikan penjelasan tentang kandungan maknanya.
JAWAB :
Dalam penelaahan saya, hadis yang pernah Anda dengar itu statusnya sahih. Hadis tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, sehingga memiliki validitas yang sangat tinggi, status hadisnya tidak diragukan lagi kesahihannya. Hadis tersebut adalah Berkata Abu Hurairah r.a., Nabi Saw. telah bersabda,
“Ada tujuh kelompok yang akan mendapat perlindungan Allah pada hari yang tiada perlindungan kecuali perlindungan-Nya. Mereka adalah pemimpin yang adil; anak muda yang senantiasa beribadah kepada Allah Azza wa Jalla; seseorang yang hatinya senantiasa dipertautkan dengan masjid; dua orang yang saling mencintai karena Allah, yakni keduanya berkumpul dan berpisah karena  Allah; seorang laki-laki yang ketika dirayu oleh seorang wanita bangsawan lagi rupawan lalu ia menjawab, ‘Sungguh aku takut kepada Allah’; seseorang yang mengeluarkan shadaqah lantas disembunyikannya sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat tangan kanannya; dan seseorang yang berzikir kepada Allah di tempat yang sunyi kemudian ia mencucurkan  air mata.” ( H.R. Bukhari dan Muslim)
Hadis ini menjelaskan bahwa pada hari kiamat ada tujuh tipe atau golongan manusia yang akan mendapatkan perlindungan Allah yaitu :
1. Pemimpin yang adil
Menjadi pemimpin yang adil itu tidaklah mudah, butuh pengorbanan pikiran, perasaan, harta, bahkan jiwa. Kepemimpinan bukanlah fasilitas namun amanah. Kalau kita menganggap kepemimpinan atau jabatan itu sebagai fasilitas, kemungkinan besar kita akan memanfaatkan kepemimpinan itu sebagai sarana memperkaya diri tanpa menghiraukan aspek halal atau haram.
Sebaliknya, kalau kita menganggap kepemim pin an atau jabatan itu sebagai amanah, kita akan melaksanakan kepemimpinan itu dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab. Untuk melaksanakan kepemimpinan dengan cara yang amanah tidaklah mudah. Karena itu logis kalau pemimpin yang adil akan dilindungi Allah
2. Anak muda yang saleh
Masa muda adalah masa keemasan karena kondisi fi sik masih prima. Namun diakui bahwa ujian pada masa muda itu sangat beragam dan dahsyat. Oleh sebab itu, apabila ada anak muda yang mampu melewati masa keemasannya dengan taqarrub (mendekatkan) diri kepada-Nya, menjauhkan diri dari berbagai kemaksiatan, serta mampu mengendalikan nafsu syahwatnya, Allah akan memberikan perlindungan-Nya pada hari kiamat. Ini merupakan imbalan dan penghargaan yang Allah berikan kepada anak-anak muda yang saleh.
3. Orang yang hatinya terikat pada masjid
Kalimat Seseorang yang hatinya senantiasa dipertautkan dengan masjid seperti yang disebutkan hadis di atas, pa ling tidak menunjukkan dua pengertian. Pengertian pertama, orang-orang yang kapan dan di mana pun berada selalu ingin memakmurkan tempat ibadah. Pengertian kedua, orang-orang yang tidak pernah melalaikan ibadah di tengah kesibukan apa pun yang dijalaninya.
4. Bersahabat karena Allah
Poin ini terambil dari kalimat dua orang yang saling mencintai karena Allah, yakni keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah. Bersahabat karena Allah Swt. maksudnya kita mencintai seseorang atau membencinya bukan karena faktor harta, kedudukan, atau hal-hal lain yang bersifat material, namun murni semata-mata karena Allah Swt. Kalau sahabat kita berbuat baik, kita mendukungnya, dan kalau berbuat salah kita mengingatkannya, bahkan kita berani meninggalkannya kalau sekiranya sahabat tersebut akan menjerumuskan kita pada gelimang dosa dan maksiat. Inilah yang dimaksud dengan persahabatan karena Allah.
5. Mampu menghadapi godaan lawan jenis
Seorang laki-laki yang ketika dirayu oleh seorang wanita bangsawan lagi rupawan lalu ia menjawab,“Sungguh aku takut kepada Allah.” Kalimat ini menggambarkan bahwa kalau kita mampu menghadapi godaan syahwat dari lawan jenis, kita akan mendapatkan perlindungan  Di sini digambarkan seorang laki-laki yang digoda wanita bangsawan nan rupawan tapi dia menolak ajakannya bukan karena tidak selera kepada wanita itu, namun karena takut kepada Allah. Jadi, rasa takut kepada Allahlah yang menjadi benteng laki-laki tersebut, sehingga tidak terjerembab pada perbuatan maksiat. Karena itu Allah memberikan penghargaan pada hari kiamat dengan memberikan pertolongan-Nya. Di sini diumpamakan laki-laki yang digoda wanita, namun sangat mungkin wanita pun digoda laki-laki.
6.  Ikhlas dalam beramal
Seseorang yang mengeluarkan sedekah lantas disembunyikannya sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat tangan kanannya. Ini gambaran keikhlasan dalam beramal. Saking ikhlasnya, sampai-sampai tangan kiri pun tidak tahu apa yang diinfakkan atau disumbangkan oleh tangan kanannya. Pertanyaannya, bolehkah kita bersedekah terang-terangan, bahkan nama kita dipampang  Boleh saja, asalkan benar-benar kitaniatkan karena Allah Swt., bukan cari popularitas.
Perhatikan ayat berikut, “Jika kamu menampakkan sedekah- sedekahmu, hal itu baik. Jika kamu menyembunyikan dan mem berikannya kepada orang-orang fa kir, hal itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian ke sa lahanmu. Allah Mahateliti apa yang ka mu kerjakan.” ( Q.S. Al-Baqarah [2]: 271)
7. Zikir kepada Allah dengan khusyu
Seseorang berzikir kepada Allah di tempat yang sunyi, kemudian ia mencucurkan air mata. Zikir artinya mengingat Allah. Kalau seseorang berdoa dengan khusyu hingga tak terasa air mata menetes karena sangat nikmat berzikir dan munajat kepada-Nya, Allah akan memberikan pertolongan kepadanya pada hari kiamat kelak.
Demikianlah secara singkat kandungan makna dari hadis yang Anda tanyakan. Mudah-mudahan Allah memberi kekuatan agar kita bisa menjadi orang-orang yang mendapat pertolongan dan perlindungan-Nya. Caranya? Kerjakanlah tujuh poin di atas!  Wallahu A’lam.